Pembelajaran Dasar Layanan Pelanggan atau dapat disebut Basic Customer Service Learning merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk membentuk struktur dalam pengetahuan berinteraksi terutama menyangkut layanan dan hal-hal terkait customer service.  

Dengan adanya modul dasar layanan pelanggan atau Customer Service Learning Module, maka dapat memudahkan siapapun memahami apa itu layanan pelanggan (customer service).

Berkaitan dengan CRM, Customer Service (CS) adalah fasilitas operasional yang disediakan dari perusahaan kepada pelanggan untuk merespon komentar yang bersifat negatif ataupun positif, kemudian dikumpulkan dalam bentuk data dan dikelola sebagai instrumen Customer Relation Management (CRM). Sebagai alat untuk mendata pelanggan, CRM berbentuk database juga digunakan untuk memantau kinerja perusahaan terhadap pelanggan dan mengetahui dimana perlunya dilakukan peningkatan kualitas.

Apakah diperlukan Customer Service Learning dalam organisasi perusahaan?

Tentunya untuk memberikan layanan yang baik, diperlukan materi pembelajaran agar terbentuk mindset (knowledge) terhadap customer dan ruang lingkup pekerjaan pada masing-masing area untuk menunjang kerjasama tim (teamwork) sehingga dapat membentuk pelayanan yang baik.

Link Terkait : Referensi CS-CRM Overview by Zendesk

Link Terkait : Referensi CS-CRM Practice Guide by Customer1st

Link Terkait : Referensi CS-CRM Training – Handouts by Volunteeringinc

Link Terkait : Referensi CS-CRM Training – Presentation by Volunteeringinc

Link Terkait : Referensi CS-CRM Training Activities by HRDpress

Link Terkait : Referensi CS-CRM Viewing Call Center E-Commerce

Pada lingkup perhotelan misalnya, terdapat fasilitas restoran yang menjadi tempat makan para tamu-tamu hotel. Maka untuk memberikan layanan yang baik, petugas restoran akan senantiasa melakukan maintenance untuk menjaga fasilitas sesuai dengan standar hotel berbintang. Terutama dari sisi produk, kebersihan, pelayanan, berinteraksi dengan para pelanggan hingga menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan (customer complaint).

Link Terkait : Modul Bahasa Inggris Untuk Karyawan Perhotelan

Adanya pemahaman dan keterampilan berinteraksi dengan baik, dapat membentuk good environment yang kemudian menjadi good customer service melalui good knowledge & good teamwork. Maka hubungan sosial dan komunikasi para karyawan harus senantiasa dibina melalui siklus pembelajaran yang berkesinambungan (continuous learning & training cycle), sehingga interaksi pun akan berjalan dengan sangat baik.

Apakah diperlukan Social Communication Learning dalam organisasi perusahaan?

Tentunya untuk mencapai organisasi yang ideal diperlukan materi pembelajaran agar dapat menunjang kerjasama tim.

Pada lingkup olahraga basket misalnya, terdapat coach yang membina dan melatih tim basket untuk dapat bermain sesuai ritme dalam menghadapi pertandingan. Dibutuhkan komunikasi yang baik antar para pemain basket, dengan arahan dari coach. Adanya program social communication learning tentunya dapat memudahkan terjalin hubungan dinamis antar individu sehingga dapat membentuk tim ideal.
..

Link Terkait : IPK ~ Indikator Performa Karyawan

Link Terkait : Modul Belajar Bahasa Inggris Social Communication Learning

teamwork kerjasama tim

Link Terkait : SMiLE (Social Media integrated Learning Experiment)


.. 

Charismatic Karismatik